Fashion

Featured Post

Perbedaan Pelestarian In situ dan Ex situ

Download artikel ini (pdf) Panduan download      Walaupun sumber daya alam hayati dapat diperbaharui, tetapi apabila dalam pemanfaatannya ti...

Metode Ilmiah dan Langkah-Langkahnya

Posted by

     Ilmuwan biologi merupakan orang-orang yang menyelidiki kejadian dan fenomena mahluk hidup di sekitarnya. Penyelidikan tersebut biasanya mempunya cara yang disebut metode ilmiah. Setiap ilmuwan bekerja dengan metode ilmiah. 
     Metode ilmiah merupakan suatu cara atau tahapan tertentu yang harus dikerjakan seorang ilmuwan dalam melakukan penelitian. Metode ilmiah mempunyai beberapa tahapan sebagai berikut.

1. Perumusan Masalah
     Percobaan dimulai dari beberapa atau serangkaian pertanyaan. Misalnya, mengapa tumbuhan yang diberi cahaya teduh tumbuh lebih tinggi dari tumbuhan yang langsung terkena cahaya matahari.

2. Melakukan Observasi
     Kegiatan yang dilakukan untuk mengamati dan memahami suatu peristiwa berdasarkan ilmu pengetahuan. Bertujuan untuk mendapatkan informasi-informasi yang berguna untuk melajutkan suatu penelitian.

3. Mengajukan Hipotesis

     Hipostesis adalah jawaban sementara atas pertanyaan yang muncul. Hipotesis masih bersifat teoritis atau dugaan sementara. Jawaban harus didasarkan pada ilmu pengetahuan. Misalnya, tumbuhan yang diberi cahaya teduh tumbuh lebih tinggi dari tumbuhan yang langsung terkena cahaya matahari karena pengaruh hormon tanaman.

4. Melakukan Eksperimen
     Untuk menguji kebenaran hipotesis, harus dilakukan percobaan. Percobaan akan menghasilkan data-data yang akan memudahkan para ilmuwan untuk menarik kesimpulan. Faktor-faktor penelitian akan didasarkan pada variabel penelitian yang dibagi menjadi tiga.

  • Variabel Bebas (Independent variable) adalah faktor yang diubah
  • Variabel Terikat (Dependent variable) adalah faktor yang diubah
  • Variabel Kontrol adalah hubungan antara kelompok yang diberi perlakuan dan yang tidak. Variabel kontrol digunkan oleh ilmuwan pada percobaan yang bersifat perbandingan
     Variabel penelitian akan memudahkan untuk memperoleh informasi tentang faktor-faktor yang berpengaruh pada penelitian.

5. Menarik Kesimpulan 
     Setelah semua data dan informasi terpenuhi, ilmuwan segera menarik kesimpulan berdasarkan data dari hipotesis dan eksperimen yang dibuat. Kesimpulan juga dapat mendukung atau tidak mendukung suatu hipotesis. 
     


Demo Blog NJW V2 Updated at: 7:32 AM

5 comments:

  1. pas nih gan buat anak kampus, apalagi yang berkaitan dengan mata kuliah "ilmiah" hehe :D Tpi ane kurang maks. kalau di bagian ilmiah seperti ini hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. maklum, emang butuh ketelitian dan kesabarannya juga haha

      Delete
  2. Iya, inilah yang dipelajati pertama kali waktu smp.metode ilmiah. Biologi memnag menyenangkan

    ReplyDelete
  3. sangat bermanfaat gan.. jd semakin tau ane :)

    ReplyDelete