Fashion

Featured Post

Perbedaan Pelestarian In situ dan Ex situ

Download artikel ini (pdf) Panduan download      Walaupun sumber daya alam hayati dapat diperbaharui, tetapi apabila dalam pemanfaatannya ti...

Cabang-Cabang Ilmu Biologi Beserta Penjelasan Lengkap

Posted by

Penjelasan Berdasarkan Tabel:

1. Anatomi
Anatomi berasal dari kata ana dan temnein yang berarti memotong. Ilmu ini mengkaji kehidupan pada tingkat organ dan sistem organ, dengan kata lain kajian ilmu ini adalah struktur internal organisme. Ilmu ini memiliki beberapa cabang seperti ilmu urai, morfologi, zootomi, dan fitotomi.

2. Fisiologi
Fa’al: fungsi organ tubuh. Cabang ini mempelajari tentang fungsi kerja sistem tubuh pada mahluk hidup yang berkerja dan saling bersinergi oleh biomolekul, sel, dalam fungsi kimiawi maupun mekanik.  Terdiri atas fisiologi manusia, hewan atau tumbuhan.

3. Morfologi
Cabang biologi yang mempelajari tentang bentuk, struktur dan konfigurasi pada mahluk hidup. Meliputi bentuk atau ciri luar (struktur, warna, pola) mahluk hidup, dan bagian dalamnya seperti tulang dan organ.

4. Genetika
Ilmu yang mempelajari tentang pengontrolan sifat sifat mahluk hidup dan pewarisan sifatsuatu organsime seperti manusia, hewan, dan tumbuhan maupun metaorganisme (organisme peralihan) seperti virus.

5. Palaeontologi
Cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang fosil. Kenapa biologi mempelajari fosil, sedangkan fosil biasanya dipelajari oleh orang-orang geologi? Jawanbannya, karena fosil yang diteliti merupakan mahluk hidup yang mati selama berabad-abad dan telah menjadi fosil.

6. Sanitasi
Ilmu ini mempelajari tentang kebersihan lingkungan, dan pengelolaan lingkungan agar terjaga kebersihan dan kesehatan pada lingkungan tersebut.

7. Ekologi
Ilmu yang mengkaji kehidupan pada tingkat ekosistem seperti hubungan atau pola timbal balik antara satu individu dengan individu lainnya maupun individu dengan lingkungannya.

8. Embriologi
Perkembangan ilmu dari cabang biologi yang mempelajari tentang pertumbuhan dan perkembangan embrio. Mulai dari fase zigot hingga menjadi individu dengan organ yang terbentuk sempurna.

9. Taksonomi
Ilmu yang melajari pengklasifikasian atau penggolongan suatu mahluk hidup dari ciri dan ragam yang dimiliki.

10. Patologi
Ilmu yang mempelajari proses biologi yang tidak normal atau sesuai yang mempengaruhi fungsi tubuh manusia dari tingkat molekuler hingga pada individu lain. Tujuan utama cabang ini adalah untuk mecegah suatu penyakit.

11. Sitologi
Berasal dari kata Cytos yang berarti sel dan Logos yang berarti ilmu pengetahuan, berarti sitologi adalah ilmu yang mempelajari tentang struktur sel, fungsi sel, komposisi sel dan interaksi pada sel.

12. Histologi
Salah satu ilmu dari cara anatomi yang mempelajari tentang struktur jaringan dan sel pada mahluk hidup.

13. Entomologi
Berasal dari kata Entomon yang artinya serangga. Cabang  dari ilmu zoologi yang mempelajari tentang kelas insecta atau serangga, kelas dengan spesies terbanyak pada animalia.

14. Helmintologi
Helminthes (Cacing). Ilmu dari cabang parasitologi yang mempelajari tentang cacing yang berperan sebagai parasit

15. Parasitologi
Ilmu yang mempelajari tentang organisme yang bergantung pada organisme lain yang bersifat merugikan dengan mengambil unsur hara dari inangnya atau yang disebut juga parasit, ilmu ini mengkaji tentang parasit, inangnya, dan hubungan antara keduanya.

16. Botani
Cabang ilmu biologi yang memperlajari tentang tanaman atau tumbuhan serta pemanfaatannya dalam bidang pangan, papan, obat-obatan, sumber air, masak-memasak, dll.

17. Orchidologi
Orchidaceae: Anggrek anggrekan. Orchidologi adalah ilmu yang mempelajari tentang tanaman anggrek, seperti hibridisasi anggrek.

18. Zoologi
Cabang dari biologi yang mempelajari tentang seluk beluk kingdom animalia, seperti struktur hewan, fungsi bagian pada hewan, perilaku hewan serta evolusi pada hewan.

19. Ikhtiologi
Berasal dari kata Ichtyes yang berarti Ikan dan Logos yang berarti ilmu pengetahuan. Cabang ini mempelajari tentang ikan berupa klasifikasi, struktur anatomi, evolusi ikan, cara hidup, fungsi dan sistem organ.

20. Herpetologi
Herpeton artinya melata dan Logos artinya ilmu pengetahuan. Ilmu ini mempelajari tentang reptilia dan amfibia.

21. Ornitologi
Berasal dari kata Ornis: Burung, Logos: Ilmu pengetahuan. Ilmu mempelajari tentang evolusi, ekologi, dan perilaku pada burung atau unggas.

22. Mamologi
Cabang ilmu ini mempelajari tentang hewan mamalia beserta ciri, struktur, bagian, dll. Pada vetebrata yang memiliki kelenjar susu ini.

23. Mikrobiologi
Cabang ilmu ini mempelajari tentang mikroorganisme yang berukuran kecil yang hanya bisa dilihat oleh mikroskop, seperti bakteri, fungi, alga, protozoa, achaea, virus, dsb.

24. Virologi
Ilmu yang mempelajari mahluk sub organisme seperti virus tentang peranan bagi kehidupannya maupun bagi kehidupan mahluk lain.

25. Bakteriologi
Cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang seluk beluk dunia bakteri. Seperti struktur, ciri, peranan untuk bakteri maupun untuk lingkungannya.

26. Algologi
Cabang dari ilmu biologi yang mempelajari tentang Algae atau Ganggang.

27. Mikologi
Berasal dari kata Mykes: Jamur dan Logos: Ilmu. Mikologi berarti, Ilmu yang mempelajari tentang Fungi atau jamur. Mikologi mengkaji tingkat taksonomi dan fisiologi pada jamur.

28. Protozoologi
Cabang ilmu dari mikrobiologi yang mempelajari tentang mahkluk hidup bersel satu khususnya pada protozoa.

29. Akarologi
Acarina: Tungau. Cabang biologi yang mempelajari tentang tungau dan seluk beluknya. Kajiannya adalah struktur, ciri, dan peranan tungau pada lingkungan dan individu lain.

30. Radiologi
Cabang dari ilmu biologi untuk melihat bagian tubuh manusia dengan penerapaan pencitraan sinar-X.


Demo Blog NJW V2 Updated at: 4:08 PM

7 comments: