Fashion

Featured Post

Perbedaan Pelestarian In situ dan Ex situ

Download artikel ini (pdf) Panduan download      Walaupun sumber daya alam hayati dapat diperbaharui, tetapi apabila dalam pemanfaatannya ti...

Aplikasi Android untuk Mengoptimalkan Latihan Gitar + Download

Posted by

     Hello guys,
Seneng rasanya bisa kembali, pada kesempatan kali ini gue ingin berbagi tips, yaitu aplikasi-aplikasi android yang bisa digunakan untuk membantu latihan gitar. Alright, tapi untuk mengikuti tips ini kalian wajib punya gadget dari OS android.


     Well, tips ini menurut gue sangat bermanfaat buat yang belajar gitar autodidak/sendiri, atau buat kalian yang ingin beli alat-alat pembantu gitar seperti motronome, dll.
Okay langsung aja, ini dia beberapa tips untuk mengoptimalkan latihan gitar kalian dengan aplikasi android, check this out!

1. gStrings
     Pertama ada gStrings dari cohortor.org. Aplikasi ini adalah penyetem gitar/tuner di android. Nyetem pake bantuan piano? equalizer? atau pake feeling? hehe. Ribet bro! 
Cuma dengan modal android, kalian sudah ngga khawatir lagi ketika string kalian udah ngga senada atau ada yang iseng kendorin stringnya, hehe.

     Untuk nada nya, jangan khawatir! Gue juga udah coba, tingkat keakuratan tuner biasa dengan tuner diandroid ini sama kok gan. Jadi dari pada kalian ngeluarin uang buat beli tuner dan ngga makan selama sebulan. Mending tinggal download aja tuner android. #Anakkostan 

Informasi tambahan:
Ukuran: 972kb
Versi: 1.0.15
OS Requirement: 1.5 atau diatasnya

2. Mobile Metronome 

     Berikutnya adalah Mobile Metronome dari Gabirel Simoes. Metronome adalah alat untuk mengatur ketukan pada kecepatan detak-detak nada anda/bpm. Harganya kisaran 90k keatas. Tapi, dengan Mobile Metronome, kalian ngga usah repot beli metronome. cukup download dan mainkan bersama gitar kalian 
     Selain lebih ekonomis dan sizenya yang kecil, aplikasi ini juga ngga memakan RAM, jadi baterai kalian akan lebih lama dan awet. dan nggak cuma untuk gitar, metronome juga bisa untuk latihan drum, piano, biola, dan alat-alat musik lainnya.

Informasi tambahan:
Ukuran: 225kb
Versi: 1.2.4F
OS Requirement: 1.5 atau diatasnya

3. BPM Tap 

     Aplikasi selajutnya adalah BPM Tap.  Menurut gue aplikasi ini juga ngga kalah berguna untuk latihan kalian. Karna ketika kita mau pake Metronome untuk sebuah lagu, tapi kita ngga tau berapa bpm untuk lagu tersebut. Nah, disitulah BPM tap berguna. 

     Cara menggunakan nya juga cukup mudah, yaitu tinggal kalian sesuain ketukan lagu yang kalian denger. Dengan begitu nanti aplikasi ini akan memberi tahu berapa BPM pada lagu yang kita ingin mainkan. Cool!

Informasi tambahan:
Ukuran: 2.8 mb
Versi: 2.0
OS Requirement: 2.3 atau diatasnya

4. Tape-a-Talk Voice Recorder


     Aplikasi ini berguna untuk merekam, merekam apa? Yang pasti merekam permainan gitar kalian.
Menurut gue, dengan merekam permainan gitar, kalian bisa tau letak kekurangan kalian. Karna belum tentu ketika kalian memainkan gitar dan mendengarkan permainan hasilnya sama. 

     Aplikasi perekam yang satu ini rekomendasi banget karna menurut gue aplikasi ini sangat sensitif, dan itu terbukti. Karna setiap gue merekam dan tetangga sebelah gue ngobrol, pasti kedengeran.
Jadi untuk hasil yang maksimal, tempatnya juga harus mendukung

Informasi tambahan:
Ukuran: Bervariasi, tergantung perangkat kalian
Versi: -
OS Requirement: Bervariasi, tergantung perangkat kalian

5. Robotic Guitarist Free

     Aplikasi ini cocok banget buat kalian yang masih pemula atau baru belajar. Robotic Guitarist ini dilengkapi chord-chord, dari situ kalian juga bisa belajar cara fingeringnya.
Yups, cocok buat kalian yang belum hafal kunci-kunci dasar.

Informasi tambahan:
Ukuran: 6.8mb
Versi: 4.3.3
OS Requirement: 2.3.3 atau diatasnya


     Itu dia beberapa aplikasi rekomendasi gue buat kalian untuk membantu latihan gitar. Semoga Tips ini berguna dan bermanfaat bagi kalian yang menyimak. Kalo kalian ada pertanyaan, tambahan, atau saran bisa cantumkan komen dibawah, demi kemajuan blog ini.
     Sekian dari gue, Happy weekend, have a nice day.
See ya!








Demo Blog NJW V2 Updated at: 6:48 PM

0 comments:

Post a Comment