Fashion

Featured Post

Perbedaan Pelestarian In situ dan Ex situ

Download artikel ini (pdf) Panduan download      Walaupun sumber daya alam hayati dapat diperbaharui, tetapi apabila dalam pemanfaatannya ti...

Cara Mempercepat Koneksi Internet dengan Command Prompt atau CMD

Posted by

     Hello guys,
Selamat menjalani aktivitas, pada kesempatan kali ini, gue ingin berbagi sesuatu yang mungkin sangat berguna bagi pembaca.
Siapa sih yang nggak kenal internet? Jaman sekarang nggak tau internet, “kuno lah yaw” kata abg.
     Yups, dijaman yang serba modern ini. Kita nggak bisa lepas dari yang namanya internet, termasuk gue.
Sebagai pengguna sekaligus penikmat internet, gue merasakan ribuan manfaat yang ditawarkan internet.
Dari komunikasi, ilmu pengetahuan hingga sarana hiburan, semua ada diinternet. Banyak juga para wiraswasta yang mempromosikan produknya di internet, sehingga penjualan meningkat. Tak jarang juga kita mendengar orang-orang yang sukses dari internet. Ya, buanyaaakk sekali manfaat yang bisa kita rasakan dari internet.


     Tetapi ketika kecepatan koneksi internet menurun, mungkin sebagian dari kita mempermasalahkannya, dan mencari cara untuk memperbaiki kecepatan agar tetap kencang.
Alright, itu lah mengapa gue disini #sombong.
     Gue punya satu cara untuk mempercepat koneksi internet, tanpa mengeluarkan biaya sepersen pun, dengan cara yang sangaaaatt mudah. Yaitu dengan “cmd” (command prompt).
Okay tanpa banyak bicara lagi, langsung saja kita simak. Ini dia, cara lengkap untuk mempercepat koneksi internet dengan menggunakan command prompt.

1. Buka command prompt. Sip.

     Nggak tau cara bukanya? Klik disini untuk video tutorial cara membuka command prompt. Okay gue juga bakal jelasin disini sedikit, cara membuka command prompt.
     Membuka command prompt yang mudah itu ada 2 (dua) cara guys, mudah banget.
  • Cara pertama: Gunakan fitur “search” dari windows, lalu cari lah dengan keyword “command prompt” / “cmd”. Klik jika ketemu. Dengan begitu command prompt akan terbuka.
  • Cara kedua: Perhatikan keyboard kalian, ada tombol yang bergambar logo jendela windows (disamping tombol alt kiri). Tekan tombol tersebut, lalu tekan tombol “R”.


Windows + R: akan terbuka aplikasi “run”. Ketik “cmd” pada kolom “Open:”, lalu klik “OK”. Jika berhasil command prompt akan terbuka. Tinggal dipilih saja cara yang menurut kalian lebih gampang.



2. Jika command prompt telah terbuka. Salinlah tulisan dibawah ini.

"ping 8.8.8.8 –t –l 1"

Hapus tanda (")
Jelas? Belum? Apanya, tulisannya?
Okay gue jelasin sedikit. Spasi akan gue ganti jadi (spasi) dan huruf akan gue capslock.

"PING(SPASI)8.8.8.8(SPASI)-T(SPASI)-L(SPASI)1"

Salinlah tulisan tersebut “ping 8.8.8.8 –t –l 1”, di command prompt.

3. Tekan OK, jika kalian merasa sudah menyalinnya dengan benar.


     Jika ada tulisan “Reply from 8.8.8.8:” yang turun terus menurus kearah bawah. Berarti kalian berhasil.
“Bytes=1” artinya jumlah byte yang kalian pilih, jika kalian ingin 2 bytes. Tinggal ganti saja tulisannya menjadi “ping 8.8.8.8 –t –l 2”.
“time=” artinya adalah kecepatan internet kalian, semakin kecil angkanya (puluhan), semakin cepat koneksinya. Sebaliknya, jika angkanya besar, ratusan hingga ribuan, artianya koneksi internet kalian sedang lambat.

4.  Minimize command prompt, and enjoy browsing.

     Untuk kalian yang masih belum ngerti, bisa liat video tutorialnya dibawah ini:


     Gunakan cara ini setiap kalian ingin menggukan internet, untuk koneksi yang lebih cepat dari biasanya.
Gimana gampangkan caranya? Yups gampang sekali.
     Cara ini biasanya gue lakuin ketika laptop, terkoneksi internet WI-FI dari tathering hotspot android dan penting bagi gue untuk mengaktifkan command prompt. Mengapa begitu? Karna koneksi WI-FI tidak stabil, kadang naik, kadang turun. Naik turun. jadi untuk membuatnya lebih stabil dan cepat. Gue gunakan cara ini.


     Alright itu dia tips gue, Semoga bisa bermanfaat bagi kalian yang pecinta internet cepat, weeeiss.
Jangan lupa tinggalkan komen jika terbantu dengan tips ini, dan gunakan komen untuk bertanya jika masih kurang paham.
Sekian dari tips gue, selamat beraktifitas.

See ya! 


Demo Blog NJW V2 Updated at: 3:27 AM

0 comments:

Post a Comment